Cara Mengedit dan Mendesain Blog Sendiri

8/03/2013 08:20:00 p.m.
Cara Cara Mengedit dan Mendesain Blog. Setelah sudah beberapa hari ini blog Jona Rendra tidak update postingan, akhirnya saya ada waktu luang untuk buka laptop dan bermain internet (khususnya ngeblog). Mungkin kedepannya saya akan jarang sekali buat artikel artikel lagi. Sebab, kegiatan sekolah saya di SMA mulai menumpuk dan tidak bisa ditunda tunda lagi.

Sebenarnya, ide untuk buat posting sudah banyak saya dapatkan. Tetapi, yang menjadi masalah adalah kurangnya waktu senggang bagi saya untuk membuatnya. Apalagi blog ini membahas seputar Cara Mengedit Blog. Tentu artikelnya harus berkualitas dan tidak asal jadi. Seperti harus di optimasi dan sebagainya. Karena saat ini saya punya sedikit kesempatan, jadi saya akan buat sekedar artikel yang berjudul Cara Cara Mengedit dan Mendesain Blog, yang lebih tepatnya berisi kumpulan artikel yag serupa.

Cara Cara Mengedit dan Mendesain Blog

Cara Mengedit dan Mendesain Blog Sendiri adalah hal yang sangat perlu anda pahami jika anda sedang senang senangnya bermain blog. Salah satu contoh mengedit blog adalah merubah penampilannya. Bisa dengan menambah widget, mengubah tema warna blog, dan sebagainya. Untuk anda yang ingin menambah beberapa widget yang menarik, coba dibaca artikel dibawah ini
Silahkan dibaca baca lagi yang lain mengenai widget widget yang saya share di daftar isi blog ini. Jika anda mempunyai blog, tidak lengkap rasanya kalau blog anda tidak ada pengunjung atau sepi. Wah, seperti anda share artikel dan yang baca anda sendiri. Apabila anda ingin mencari visitor dengan jujur, coba dibaca di Tips Supaya Blog Mendapatkan Banyak Pengunjung

Pengunjung blog Jona Rendra ini mayoritas dari Search Engine. Seperti Google dan Yahoo. Mengapa bisa mendatangkan pengunjung dari mesin pencari? Ya jelas bisa. Dalam dunia blogging, para blogger sudah akrab dengan yang namanya SEO. Artinya Optimisasi Mesin Pencari. Inti dari SEO adalah menciptakan blog supaya disukai mesin pencari agar blog muncul di hasil pencarian. Mau membuat blog anda SEO? Silahkan baca semua artikel dibawah ini.
Sebelum itu, supaya SEO blog anda lebih kuat lagi, silahkan pakai Template Blog SEO Friendly dan menggunakan fitur fitur pendukung SEO. Fitur apakah yang mendukung SEO?
Terkadang, tampilan blog SEO memang sangat simpel dan ringan. Beda dengan desain blog yang tidak mengharapkan SEO. Pasti penuh variasi dan terlihat berwarna warni. Justru variasi dan widget yang berlebihan itulah yang akan membuat loading blog jadi berat. Untuk itu, widget widget flash atau yang tidak terlalu bermanfaat itu hapus saja. Widget seperti
Widget seperti itulah yang patut di buang. Jika tidak ada manfaat untuk pengunjung, untuk apa dipertahankan? Lebih baik pasang widget yang lebih ringan dan tidak mengakibatkan blog berat. Nah, bicara tentang desain blog, apakah anda tahu desain blog seperti apa yang bagus?

Desain blog yang bagus adalah Simpel, Ringan, Responsive, Warna Sesuai, Terdapat Menu Navigasi. (menurut saya)

  • Maksud dari simpel disini adalah polos. Anda pasti sering lihat blog blog SEO memiliki tampilan yang begitu simpel dan desain yang tidak berantakan dalam artian 1 kolom posting, 1 sidebar di kanan dan 3 widget footer.
  • Ringan adalah hal yang sangat disukai visitor blog. Sebab, pengunjung akan merasa nyaman jika blog anda memiliki loading halaman yang cepat, sehingga pengunjung dapat dengan cepat membaca baca artikel blog anda. Istilah yang sering di sebut dalam dunia blogging adalah Visitor Friendly.
  • Responsive berarti tampilan blog dapat menyesuaikan dengan layar gadget. Misalkan tampilan di seluler / mobile yang berlayar sekitar 240px X 320px. Apabila blog anda responsive, pasti tampilannya akan pas dengan layar tanpa scroll kesamping. Seperti blog ini.
  • Maksud dari Warna Sesuai adalah blog yang mempunyai tema warna yang tidak membuat mata pusing. Misalkan background berwarna pelangi, header berwarna hitam, widget warna hijau dan tulisan berwarna biru. Pengunjung yang tidak dapat membaca tulisan dengan benar pun akan langsung kabur.
  • Dan yang terakhir adalah adanya menu navigasi. Menu horizontal yang biasanya ada di bawah header ini mempunyai fungsi yang sangat penting. Yaitu mempermudah pengunjung untuk menjelajah blog anda lebih cepat. Biasanya, Menu navigasi berisi Beranda, Daftar Isi, Tentang Saya, Kategori, Kebijakan Privasi dan lain lain. Lengkapnya, baca di Panduan Mengedit Menu Horizontal
Saya sering lihat blogger blogger pada malas untuk mengedit blog. Mereka mempunyai jalan pintas. Yaitu menggunakan tampilan blog orang lain. Bagaimana caranya? Di google sudah bertebaran yang namanya Template. Jenisnya pun beragam. Anda cukup download file template (.xml), dan unggah ke blogger anda. Tampilan pun berubah. Saya juga ada share template unik nih yaitu Template Dengan Tampilan Jejaring Sosial.

Sebenarnya, saya lebih suka "Mengedit daripada Mengganti Template". Banyak blogger lain yang menyimpulkan bahwa sering menggonta ganti template dapat merusak SEO blog kita. Entah mengapa yang jelas saya sudah rasakan sendiri dampak buruknya. Pengunjung saya hari demi hari semakin berkurang. Dulu bisa sampai seribuan sekarang hanya 300 an yang tersisa. Untuk itu, saya share Cara Cara Mengedit dan Mendesain Blog agar anda dapat menyesuaikan desain blog anda.

Saya tambahkan sedikit lagi. Dalam mendesain sebuah template, anda perlu mahir dalam hal coding seperti HTML dan CSS. Sebab, hampir seluruh tampilan blog anda yang mengatur adalah HTML dan CSS tersebut. Maka dari itu, jika anda ingin lebih banyak belajar tentang coding, silahkan baca di Pengertian HTML dan CSS serta Tutorial Dasar Mengunakannya

Itulah artikel yang berjudul Cara Cara Mengedit dan Mendesain Blog, semoga bisa menginformasikan beberapa hal seputar dunia Blogger untuk anda yang masih pemula. Walaupun saya sudah hampir 1 tahun ngeblog, tapi tetap saja saya punya titik kelemahan dalam SEO. Apabila anda lebih mengerti tentang SEO, coba berikan pendapat anda tentang rahasia optimasi anda di komentar dibawah.

Share this :

Previous
Next Post »
4 Komentar
avatar

Thanks For share broe
Good Luck : http://ditentukan.blogspot.com/

Balas
avatar

Aduh belajar bahasa pemrograman itu pusingnya :3

Balas
avatar

Thanks kang ilmunya :) Ditunggu kunjungan balik ya kang : ujikit.blogspot.com

Balas

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔