Thursday, 11 July 2013

Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru

Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru. Sekarang, saya akan berikan info penting nih, tentang layanan hosting file gratis oleh google atau Google Code. Ada apa dengan Google Code? Ternyata, sekarang layanan download project hosting sudah tidak ada lagi, sebab, pada project pengguna baru di google code, tombol New Download sudah di hapus.

Sebelum bahas lebih lanjut tentang layanan download project yang di hapus, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu mengenai Google Code dan apa manfaat bagi kita.

Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru

Google Code adalah layanan hosting gratis yang dikelola dan dikembangkan oleh Google. Dikatakan hosting gratis karena memang kita tidak perlu membayar untuk meletakkan file file seperti javascript, gambar/foto, ajax, flash, php, xml dan lain lain. Itulah mengapa banyak blogger dan para webmaster untuk yang malas membeli hostingan berbayar, mereka akan memilih hosting gratis di Google Code. Karena project hosting ini disediakan oleh Google sendiri, jadi keamanan file file pasti terjamin.

Untuk anda yang belum tahu cara mengupload file ke google code, silahkan baca di Cara Mengupload File Javascript Di Google Code.

Kalau saya memakai hosting google code ini untuk mendapatkan URL javascript serta hosting download. Maksud dari hosting download itu adalah kita dapat mengupload file file, ambil URL nya, dan bisa di download orang lain.

Tapi, ada berita yang kurang menyenangkan nih

Sekarang, Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru. Ini baru saya perhatikan karena banyaknya pertanyaan yang masuk di blog saya yang berisi "Kok tombol New Download di project saya gak ada ya?". Setelah saya teliti, dengan mencoba membuat project baru di Google Code menggunakan browser saya yang lain, ternyata memang benar. Tombol New Download sudah tidak ada. Untungnya, pada project lama saya masih ada tombol tersebut, dan berarti saya masih bisa menggunakan layanan hosting di Google Code ini hanya sampai tanggal 15 Januari 2014.


Project baru tidak ada menu tab Download


Mengapa Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru? Saya sempat baca dari sumber sumber di google, katanya di hapus demi keamanan. Tapi alasan itu sepertinya kurang kuat.

Project lama ada menu tab Download

Saat ini, URL download yang pernah saya upload di google code masih bisa di pakai, itu tandanya file file yang saya upload di Google Code belum di hapus. Saya kutip dari http://google-opensource.blogspot.com/2013/05/a-change-to-google-code-download-service.html

"Starting today, existing projects that do not have any downloads and all new projects will not have the ability to create downloads. Existing projects with downloads will see no visible changes until January 14, 2014 and will no longer have the ability to create new downloads starting on January 15, 2014. All existing downloads in these projects will continue to be accessible for the foreseeable future.

If your project is using downloads to host and distribute files and has a need to periodically create new downloads, we recommend you move your downloads to an alternate service like Google Drive before January 15, 2014. If you choose to move your files to Google Drive, check out our help article."

Sebenarnya, pemberitahuan tersebut sudah di publikasikan pada tanggal 20 Mei 2013. Waktu itu saya sedang ingin hosting file template agar bisa di download orang lain. Dan tiba tiba ada pernyataan yang muncul.

Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru

Setelah klik here, saya baru tahu tentang info bahwa Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru. Sebetulnya saya tidak setuju kalau nantinya layanan Google Code ini di hapus, sebab, sudah banyak file download yang saya hosting di sana. Yang saya bingungkan, kenapa hanya project baru saja yang tombol New Download nya tidak di aktifkan?

Itulah postingan Jona Rendra yang berjudul Google Code Menghapus Layanan Hosting Untuk Project Baru, semoga bisa membertahu anda untuk segera pindah hosting file sebelum tanggal 15 Januari 2014. Kalau URL tidak anda salah salah file anda pun sudah terhapus, dan tidak bisa di download lagi.

KATEGORI:
arrow_back
arrow_forward

17 komentar

Info sangat berguna nih,


come back http://fhirman-ilham.blogspot.com/2013/06/anekahostingcom-web-hosting-murah.html

ok, terimakasih sudah mampir
kunjungan balik berhasil

wew , makanya kemaren ane buat baru gk ada tab download nya ternyata udah dihapus --"
Thank's bro nice info~

wah saya malah baru tau sob kalo ada layanan google code, makasih nih infonya ^_^

gawat dong kalo menghapus layanan hosting?

saya gk pernah pake G code gan, jadi kurang ngerti.. :D

come back.

kalo saya pke google site mas, jadi lebih simpel kyk pke hostingan sendiri.. :)

Sob, cara buat artikel gak bisa di copas gimana ???, tapi area blockquote bisa di copas, mohon bantuannya sob......

nah, itulah
untungnya saya udah ada yang lama nih
masih bisa upload file

owh baru tau...
rugi banget deh kalau gak pernah pakai hostingan ini
cepat mudah dan simpel

nah itu dia,
saya juga kurang setuju kalau seluruh file yang sudah di hosting itu dihapus lagi
malah file file di blog ini pakai hostingan sana lagi

wah, kenapa gak pernah?
padahal bagus banget lho, bisa dapet hosting gratis

ada juga yang dari google nih?
gratis juga kan :D

maaf gak bisa share
saya juga tau cara biar blog gak bisa di copas kecuali blockquote ini gara gara hasil cloning ^^

iya gan., project yang lama masih bisa digunakan, yang baru tidak., solusinya apa nih gan? pindah ke hosting apa lagi yang bagus aman dan gratis? hehe

banyak blogger yang sudah pindah dari google code, sekarang pada pakai hosting di google drive atau google site

wahhh baru baca saya nih...makasih ya gan, berguna banget info nya buat saya ;)

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar
EmoticonEmoticon