Friday, 21 June 2013

Pengertian Dan Cara Mudah Membuat Kode QR Serta Batang

Pengertian Dan Cara Mudah Membuat Kode QR Serta Batang. Pada kali ini, Jona Rendra akan memberikan informasi menarik. Kode QR dan Batang. Sebelum saya mulai untuk cara mudah membuatnya, ada baiknya jika didahulukan dengan penjelasan dari masing masing kode ini. Pasti beberapa dari anda belum paham betul dengan 2 jenis kode ini kan? Kalau belum mengerti, simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Kode QR dan Batang

Barcode / Kode Batang

Kode Batang adalah sebuah kumpulan dari garis garis yang mempunyai tebal berbeda (batang) serta spasi yang mempunyai jarak yang berbeda pula. Kode batang ini juga sering disebut dengan Barcode yang biasa terletak pada harga buku, produk dll. Kode Batang ini mengumpulkan data secara horizontal yang terbukti dari tampilannya yang ada garis garis berbaris secara mendatar. Oleh karena itu sering juga disebut kode 1 dimensi.

Kegunaan dari kode Batang ini sudah dipakai oleh sebagian masyarakat. Misalkan sebagai pemberi informasi tentang Harga dari suatu produk, kartu anggota ritel dari suatu perusahaan bahkan juga dapat digunakan sebagai media informasi pelacakan gerakan item seperti mobil, pesawat dan kapal. Canggih bukan? Untuk membaca Barcode ini, kita memerlukan alat pemindai. Seperti yang ada di kasir minimarket itu. Selain Kode Batang, ada juga QR Code. Penjelasannya sebagai berikut

QR Code

QR (Quick Response) Kode adalah salah satu kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dibuat untuk mempermudah alat pemindai untuk menyampaikan respon dengan cepat dan menerima data dengan cepat pula. Mengapa di sebut kode batang 2 dimensi? Karena QR ini mampu menyimpan informasi secara vertikal dan horizontal. Maka dari itu, QR kode adalah kode yang sangat mendukung jika kita ingin menyimpan sebuah data dengan jumlah cukup banyak.

Dibandingkan Kode Batang, QR Kode lebih sering digunakan dalam media internet. Seperti yang sudah digunakan oleh merek hp ternama yang menyarankan untuk mencari teman menggunakan QR kode. Selain itu, QR Kode ini juga sering dipakai sebagai penyimpan data URL web, pesan, dan auto call. Lebih lengkap dari pada kode batang kan? Untuk membacanya, kita perlu menggunakan alat pemindai berupa scanner yang sudah bisa kita download melalui smartphone, tablet dan android.

Kesimpulannya, Kode batang menyimpan data secara horizontal sedangkan QR Kode secara horizontal dan vertikal. Kode Batang lebih banyak di gunakan di toko toko secara offline, kalau QR Kode sering digunakan untuk menerima data via online. Penjelasannya sudah, sekarang kita lanjut ke cara membuatnya.

Cara Mudah Membuat Kode QR Serta Batang

A. Membuat QR Kode

Untuk membuat khusus QR kode saja, anda bisa menggunakan web di goqr.me.

Membuat QR Kode Sendiri Dengan Goqr.me

1. Setelah anda datangi websitenya, silahkan pilih QR Kode itu menyimpan data sebagai

* Text (Setelah di scan kode yang sudah anda buat, ia akan menampilkan informasi berupa teks
* URL (Membuat QR yang menyimpan data URL sebuah website/blog)
* Call (QR Code yang memberitahu untuk menghubungi / menelpon seseorang)
* SMS (Menyimpan data berupa SMS yang akan anda kirim)
* VCard (Sebuah data dari kartu suatu organisasi atau perusahaan)

2. Apabila sudah anda tentukan, saatnya mengisi form yang ada. Kalau saya ingin membuat QR yang setelah di scan akan muncul halaman blog saya ini. Maka saya pilih URL
3.  Secara langsung, gambar akan muncul silahkan tinggal di download.
Dibawah ini adalah hasil QR Code yang mengarah ke blog Jona Rendra ini. Silahkan di scan

QR Code Data URL

B. Membuat Kode Batang

Kita perlu mengunjungi website penyedia tool barcode. http://barcode.tec-it.com/

1. Setelah di kunjungi, pilih dulu kode batang jenis mana yang akan anda buat.
* Linear Barcode = kode yang menyimpan data seperti nomer seri, ID produk dan kartu identitas.
* ISBN Code = kode yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai nomor buku, katalog dan tanggal.
* sisanya itu adalah QR kode yang sudah anda buat diatas.
2. Silahkan isi form yang tersedia dengan mengisi identitas anda

Membuat Kode Batang Sendiri

3. Secara otomatis gambar kode batang pun muncul

Sampai kita pada akhir dari cara cara saya ini. Membuat suatu kode sendiri memang sangat menyenangkan dan membuat teka teki mengenai apa data yang terdapat dalam kode itu. Jadi, apabila anda menyukai nya, mungkin anda bisa share gambar kode anda di facebook dan menyuruh teman untuk scan. Kalau ia menanyakan bagaimana cara buat nya, anda tinggal beri URL postingan Pengertian Dan Cara Mudah Membuat Kode QR Serta Batang kepadanya dan ia akan mengerti.

Itulah artikel Informasi dari Jona Rendra yang berjudul Pengertian Dan Cara Mudah Membuat Kode QR Serta Batang, semoga bisa anda terapkan ataupraktekkan sendiri di tempat. Jika anda berhasil membuat gambar kode seperti yang saya ajarkan diatas, coba berikan komentar mengenai postingan ini.

Refrensi:
Wikipedia

KATEGORI:
arrow_back
arrow_forward

4 komentar

artikel yang bagus menambah pengetahuan saya

iya, saya jugabaru paham tentang Kode Batang dan QR Kode. Maka dari itu saya kumpulin informasi yang saya dapat lalu dimuat di postingan Pengertian Dan Cara Mudah Membuat QR Kode Serta Kode Batang

Nah ini dia yang ane cari, soalnya banyak koran yang banyak make kode QR gitu

hahaha, sama
saya juga sering lihat koran pakai kode QR

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar
EmoticonEmoticon