Semua Troops (Karakter) di Clash of Clans



Pasti anda sudah mengenal game yang satu ini. Sebenarnya sudah cukup lama tetapi baru baru ini saya mainkan. Saya sering lihat game ini pada iklan iklan dari google dan lainnya. Saat ini saya sedang asik bermain game peperangan yang bernama Clash of Clans. Permainan ini menuntut kita untuk mahir mengatur strategi baik menyerang atau bertahan. Kita bisa mengatur tata letak kerajaan kita sesuai keinginan.

Dalam Clash of Clans, pastinya kita harus ikut Clan juga dong. Karena Clan membantu kita berkumpul, chating, berbagi dan diberi troop dan bisa war serta dapat bonus juga. Jadi ikut clan gak ada ruginya. Clan yang saya ikuti namanya "Lanjutkan" (tanpa kutip), dengan nama johnson.

Dalam pembelian atau peningkatan level, ada 3 bahan yang di perlukan, namanya Gold (uang), Elixir (cairan untuk troops), Gem (berlian). Kalau gold untuk meng-upgrade bangunan, elixir digunakan untuk meng-upgrade dan memproses troops. Nah ada banyak karakter tokoh troops atau pasukan tentara yang ada di clash of clans.

Semua Troops (Karakter) di Clash of Clans


A. Tier 1 Troop


Jenis ini adalah pasukan yang paling murah dan paling cepat di proses. Karena itu, tentara yang satu ini memiliki damage yang kecil serta hitspoint (darah) yang juga sedikit. Troop ini biasanya di gunakan berkelompok untuk menyerang secara beramai ramai ke istana lawan. Tier 1 troop ini juga efektif untuk melawan satu individu tetapi tidak cocok untuk menghancurkan alat defense yang kuat seperti Wizard Tower dan Mortar.

Yang Termasuk Tier 1 Troop antara lain:

1. Barbarian

Barbarian adalah ikon dari Clash of Clans yang merupakan troop pertama yang kita dapatkan saat memulai game. Kumis serta rambut kuningnya yang khas membuat Barbarian menjadi tokoh utama di Clash of Clans. Ia menyerang apapun yang berada di darat di dekatnya. Walaupun saya sudah TH 9, saya selalu bawa Barbarian untuk attacking ataupun war. Harganya yang murah dengan kekuatan yang lumayan cocok untuk dikorbankan.

2. Archer

Archer atau wanita pemanah ini adalah troop yang memiliki keistimewaan bisa menyerang target dengan jarak yang lumayan jauh, kalau tidak salah jarak maksimum Archer dengan target 3 tiles, jadi bisa memanah target di seberang wall. Ini juga troop favorit saya yang selalu saya bawa. Archer juga cocok untuk mengisi Clan Clastle maka dari itu biasanya Archer menjadi default untuk donate.

3. Goblin

Goblin adalah mahluk yang senang mencuri, digambarkan seperti tuyul berwarna hijau yang membawa karung hasil curian. Dia membuat damage double untuk Recource jadi cocok untuk looting. Saat ini saya hampir tidak pernah membawa troop ini. Troop ini tidak efektif bila dijadikan defend.

B. Tier 2 Troop


Jenis troop ini memiliki kualitas lebih dibandingkan tier 1. Pasukan kategori ini sangat efektif untuk menjebol pertahanan lawan seperti membongkar dinding serta menghancurkan alat pertahanan. Harganya juga tidak semurah tier 1. Rata rata harganya 1000-5000 dengan proses hingga 4 menit paling lama. Apa saja yang termasuk pasukan dari tier 2?

1. Giant

Giant adalah seorang manusia raksasa yang terlihat senyum. Tubuhnya yang besar membuatnya memiliki hitpoin (HP) yang banyak. Keistimewaannya yang lain adalah ia akan menyerang unit defense seperti Cannon, Mortar, Archer Tower dsb, jadi dia akan menjadi meatshield bagi troop dibelakangnya.

2. Wall Breaker

Wall Breaker bahasa indonesianya adalah penghancur tembok. Seperti namanya tengkorak hidup ini membawa bom dan berlari ke arah tembok untuk menghancurkannya dengan cepat.

3. Balloon

Balloon adalah tengkorak hidup seperi wall breaker yang mengendarai balon udara. Ketika terbang ia akan menjatuhkan bom ke bawah. Balloon mengutamakan menyerang defense unit. Dia flying troop yang tidak bisa menyerang flying troop lain.

4. Wizard

Wizard digambarkan dengan seorang laki laki brewokan yang mengenakan kerudung. Dia bisa menembakkan fireball dari tangannya sehingga mengenai target yang jauh hampir sama seperti Archer. Saya selalu menggunakan troop ini waktu war dengan mengkombinasikannya dengan Golem dan PEKKA.

C. Tier 3 Troop


Pasukan non-hero terkuat adalah tier 3 troop. Tentara yang satu ini memiliki damage yang besar serta hitspoint yang banyak. Jadi ampuh untuk meratakan desa yang diserang. Walaupun diserang dengan mortar atau cannon, troop ini tidak akan langsung mati. Bisa disimpulkan, kekuatan dari tier 3 setara dengan segerombolan troop tier 1 level 5 keatas. Yang termasuk Tier 3 yaitu:

1. Healer

Pulihkan darah dari troop kalian dengan Healer. Seorang peri terbang ini akan membantu troop kita supaya tahan lama di medan pertempuran. Tapi waspadalah dengan Air Defense karena akan membuat Healer cepat mati.

2. Dragon

Seekor naga besar yang memiliki kekuatan yang besar pula. Mampu membakar segalanya dengan cepat. Sebagai flying troop, Dragon dianugerahi hitpoin yang besar supaya tahan terhadap Air Defense. Biasanya full dragon menjadi troop andalan TH8 saat war.

3. P.E.K.K.A

PEKKA adalah troop terakhir yang terbuka di Barrack. Belum jelas apakah dia robot atau samurai. Yang jelas kekuatannya dalam menghancurkan target bisa diandalkan. Tapi berhati-hatilah terhadap Hidden Tesla yang akan memakan double damage terhadap PEKKA.

D. Troop Baru


2 Troop ini sepertinya masuk di golongan tier 3, tetapi karena baru saya menyediakan tempat khusus untuk 2 pasukan untuk th9 dan th10 ini. Anda pasti sudah tahu dengan mereka atau ternyata sudah mencobanya? Berikut kedua troop baru tersebut.

1. Baby Dragon

Dragon memiliki anak yang lucu. Inilah dia Si Baby Dragon. Pertama saya lihat troop jenis ini ada di Clash Royale, tetapi ternyata update Clash of Clans terbaru memasukkan Baby Dragon di Barrack level 11 yang bisa dibuka oleh TH 9. Keunikan Baby Dragon, jika dia digunakan sendiri (jauh dari troop lain) dia akan menjadi ganas dan dengan bertambahnya damage dan kecepatanya. Saya sendiri belum pernah memakainya karena barrack saya belum selesai di upgrade.

2. Miner

Tukang gali lubang ini adalah troop yang dapat terbuka setelah kita mengupgrade barrack ke level 12. Tetapi untuk bisa mengupgradenya, kita harus TH10 dulu. Miner menggali kedalam tanah dan menyusup kepertahanan lawan. Melewati wall dan trap dengan catatan masih di bawah tanah. Kalau Miner muncul tepat ada trap sama saja kena. Saya jarang melihat player memakai troop ini baik looting ataupun war.

D. Dark Elixir Troops


Pasukan "Gelap" ini yang hanya bisa di train menggunakan Dark Elixir dan Dark Barrack. Mengumpulkan elixir hitam sangatlah sulit. Kita perlu Town Hall level 7 keatas untuk memprosesnya. Apalagi dalam mem-proses troop dark ini, pasti sangat sulit untuk di lakukan. Tetapi akan sebanding dengan pasukan yang dihasilkan. Dark Elixir Troop lumayan kuat untuk menjebol pertahanan lawan. Apa saja karakter di Dark Elixir Troop?

1. Minion

Minion adalah dark elixir troop pertama yang terbuka. Ini bukan minion yang kuning kuning itu ya. Dia terbang dengan cepat dan memuntahkan sesuatu yang hitam ke target. Minion tidak dapat di deteksi Seeking Air Mine. Mungkin karena Seeking Air Mine yang memiliki damage ledakan diatas 1000 akan rugi jika hanya karena 1 minion.

2. Hog Rider

Hog Rider atau penunggang babi penggambarannya seorang pria berkulit hitam kekar diatas babinya yang bertaring. Keistimewaan Hog Rider adalah dapat melompati wall saat pertempuran. Dia menyerang defense unit seperti giant. Giant bomb akan banyak mengurangi HP dari Hog Rider jadi tetap berikan healing spell.

3. Valkyrie

Valkyrie adalah seorang wanita kuat yang membawa kapak sebagai senjatanya. Sangat jarang pemain Clash of Clans yang menggunakan troop ini saat pertempuran. Padahal kalau tau cara memakainya bisa dengan mudah mengalahkan lawan. Dia menyerang dengan mencari celah antara target dan memutarkan kapak sehingga banyak target yang kena. Biasanya dijadikan CC war supaya sulit di matikan.

4. Golem

Golem adalah mahluk batu yang menyerupai manusia. Golem memiliki HP sangat banyak karena itulah sering dijadikan meatshield. Dia menyerang defense unit. Saat akan HP nya habis, dia membelah diri menjadi dua dengan kekuatan separuh dari Golem. Kombinasikan dengan wizard dan PEKKA menjadi GoWiPe maka dengan mudah meratakan base musuh.

5. Witch

Witch adalah wanita penyihir yang bisa membangkitkan tengkorak hidup untuk menyerang. Jumlah tengkorak yang dibangkitkan akan semakin banyak ketika levelnya di upgrade. Selain itu, witch juga menyerang dengan menembakkan bola api hijau ke target.

6. Lava Hound

Satu lagi dark elixir troop yang ada di Clash of Clans yaitu Lava Hound. Wujudnya seperti minion yang tersusun atas lava. Dia memiliki HP yang besar berguna untuk menjadi meatshield sama seperti Golem. Favorit targetnya adalah Air Defense. Ketika HP nya habis, ia akan pecah menjadi Lava Pulp berjumlah 8 tetapi HP nya lebih kecil

7. Bowler

Ini troop yang paling baru di Clash of Clans. Bowler adalah mahluk biru yang membawa batu besar dan melemparkannya hingga batu tersebut mengenai 2 objek. Bowler dapat dibuka setelah upgrade Dark Barrack level 7 ketika kita sudah TH10. Tak jarang pertarungan TH 10 dan TH 11 sering sampai "rata" alias bintang tiga karena menggunakan dark troop yang satu ini.

E. Heroes Troop



Ini adalah pasukan paling kuat yang ada di Clash Of Clans. Maka dari itu hanya ada 1 jenis yang boleh kita miliki. Ukurannya raksasa, memiliki damage ratusan bahkan ribuan dan hitspoint yang sulit di kalahkan. Tentara ini bisa dipakai untuk defense dan attack jadi ampuh untuk memangkan peperangan. Tetapi, kita hanya bisa menaikkan levelnya dengan dark elixir. Yang termasuk Heroes Troop yaitu:

1. Barbarian King

Raja di antara pasukan di Clash of Clans. Barbarian King bisa didapatkan seharga 10000 dark elixir, terbuka saat Town Hall level 7. Troop ini memiliki peningkatan level sampai 40. Ketika anda telah mengupgradenya ke level 5 dia akan memiliki ability atau special! Barbarian King yang ability nya di aktifkan akan me restore atau menambah HP meningkatkan damage dan summon barbarian. Ability nya akan terus meningkat setiap Barbarian King anda berada di level kelipatan 5. Hanya bisa digunakan sekali tiap pertarungan.

Keistimewaan Barbarian king yang lain adalah bisa digunakan untuk defense dan tidak perlu biaya untuk mengeluarkannya. Tetapi ketika HP nya berkurang atau habis, dia akan tertidur untuk memulihkan darah. Ketika tidur dan sedang di upgrade, Barbarian King tidak bisa dipakai untuk menjaga desa atau menyerang.

2. Archer Queen

Ada raja ada juga ratu di Clash of Clans. Archer Queen bisa anda dapatkan di Townhall level 9 seharga 40000 dark elixir. Sama seperti Barbarian King, Archer Queen memiliki level maximal 40. Kelebihan Archer Queen, jarak tembaknya yang jauh kira kira 5 tiles, dan ability nya. Ketika diaktifkan, dia akan menghilang jadi defense lawan tak bisa menyerangnya, dia akan memulihkan darah dan terjadi peningkatan damage yang sangat hebat.

Bagaimana? Sudah mengenal semua tentara yang ada di clash of clans? Satu dengan yang lainnya memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda. Karena saya disini hanya share tentang karakter atau gambarannya saja, maka lain kali saya akan post tentang kekuatan masing masing karakter. Kalau mau tau tentang berapa harga tiap levelnya baca di Data Harga Upgrade dan Perubahan Troop Clash of Clans

3. Grand Warden

Heroes yang satu ini termasuk hero baru di Clash of Clans. Di update ketika ada TH 11 sekitar tahun 2016. Jadi Grand Warden hanya bisa dimiliki oleh player yang sudah TH 11. Dengan 3 heroes, TH 11 akan lebih sulit jika dilawan oleh TH 10. Dalam posisi menyerang, kita dapat mengkondisikan Grand Warden terbang atau berjalan. Jika kita melakukan penyerangan udara, atur Grand Warden supaya terbang, begitu pula jika menyerang darat. Sedangkan dalam posisi bertahan, Grand warden akan berubah menjadi batu. Tongkat sihirnyalah yang menyerang troop musuh.

Ability dari Grand warden cukup menguntungkan. Troop yang ada diareanya akan memiliki kekuatan lebih seperti damage bertambah, memulihkan darah.

Baca juga artikel tentang Tips Mencari Loot (Farming) supaya anda bisa memperoleh lebih banyak ilmu untuk mendapatkan uang.

Terimakasih telah membaca artikel Blog Jona Rendra yang berjudul Semua Troops (Karakter) di Clash of Clans, semoga dapat menambah wawasan anda tentang game seru ini.

Sumber : clashofclans.wikia.com

32 comments for "Semua Troops (Karakter) di Clash of Clans"

  1. weh, ini games kesukaan ane gan,, nice share

    ReplyDelete
  2. Now I know: people use free clash of clans gems from http://clashofclanshelper.com/ and its great! You receive your Clash of Clans gems instantly!!! Amazing! (Z6OvsPB6Rx)

    ReplyDelete
  3. Game paling mantab yg pernah aku maenkan.

    ReplyDelete
  4. Game ini paling asik yg pernah aku maenkan

    ReplyDelete
  5. COC game android terbaik..let's play

    ReplyDelete
  6. COC game ol android terbaik menurut dunia jg menurutku..hihi
    let's play COC

    ReplyDelete
  7. kk.. berapa aja housing space dari dark elixir troops itu....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. minion : 2
      hog rider : 5
      valkyrie : 8
      golem : 30
      witch : 12
      lava hound : 30

      Delete
  8. Sama share trik tips jitu Dalam menyerang maupun peta deffence di village broo .. gua lagi pemula belum tau segalanya nehh...
    Oke Thanks bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cara nyerang saya masih belum terlalu mahir, tapi untuk mengatur kota / base defense bisa lah dikit dikit

      Delete
  9. Come and join us with Banten Elite Clan

    ReplyDelete
  10. kalau punya sy masih TH 5. dan kalau pingin pakai Golem apa masih lama ya?
    mau beli Dark Elixir Troops uangnya masih enggak nutut. apa ada saran buat sy bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau punya golem, minimal udh di th8. Kalo msih th5 perjalanannya masih panjang ke th8.

      Delete
  11. Coc emank game terbaik diantara game ol lain yang pernah saya mainin

    ReplyDelete
  12. Om saya punya game coc pda level tinggi, tpi saya ingin gnti hp baru.
    Caranya agar gamenya pindah ke hp yg baru gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuknya di playstore pake akun yang sama ntar waktu pertama buka coc habis donlot di hp baru di pojok kiri atas ada sign in klik aja

      Delete
    2. Koneksikan ke gmail agan yang pasti inget katasandi nya ya sipaya tidak hilang coc nya

      Delete
  13. Ane lebih suka game offline gan,biar ga kecanduan,hehehe

    ReplyDelete
  14. clash of clans game yang seru dan gk bikin bosen :)

    ReplyDelete
  15. gak bisa ngalahin serunya castle clash...

    ReplyDelete
  16. Grand warden udah ada. Ditambain dong,,,

    ReplyDelete
  17. #YY8RYQ29 itu link klan saya klan Indonesia Jaya kalau mau join silahkan masuk saya enggak marah kok bantu klan saya kalau mau ikut war bilang next war saya ikut ya nah gitu nanti di jak war kok

    ReplyDelete
  18. makin tinggi levelnya makin lama waktu progressnya ya..
    pengen beli gems kayaknya..tp ga jadi mahal hihihi

    ReplyDelete
  19. Wih nama akunnya mirip punya gw bro hahaha... visit aku di clan "Karinata" ya bro

    ReplyDelete
  20. Ayo join clan 12:12 ����

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar