Friday, 9 August 2013

Daftar Situs Penyedia URL Shortener atau Pemendek URL

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL. Membuat URL menjadi lebih simple adalah hal yang bagus jika kita ingin share link kita. Apalagi jika url kita termasuk url yang terbilang panjang. Supaya tidak menghabiskan kolom (character limit) sangat perlu anda untuk menyingkat URL dengan situs penyedia Shorter URL.

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL ini adalah artikel yang saya buat dan terinspirasi dari kehidupan nyata. Suatu hari, pada beranda facebook, saya melihat orang yang share link nya sangat singkat seperti isi bit.ly. Tetapi setelah di klik akan menuju ke URL aslinya yang panjang. Awalnya saya sempat bingung dan bertanya tanya. Apakah ia menggunakan domain baru?

Esoknya, ada lagi yang share link menggunakan domain berbeda. Kali ini berisi goo.gl. Sama seperti bit.ly, setelah diklik, link akan menuju ke URL yang berbeda. Yaitu ke postingan blog orang tersebut. Selanjutnya saya tanya tanya sama Google. Ternyata, memang ada Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL. Mau tau lebih banyak situs apa sajakah itu? silahkan simak dibawah ini.

Daftar Situs Penyedia Shortener URL atau Pemendek URL

1. Goo.gl
Seperti tulisannya, Goo.gl adalah situs shortener URL milik Google. Karena banyak bermunculan website website yang memberikan tool penyingkat URL, Google sebagai web nomer 1 pun tidak mau kalah. Lahirlah Goo.gl sebagai situs shortener URL dari Google sendiri. Cara untuk mendapatkan URL pendek dari Goo.gl ini juga mudah.

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Klik Shorten URL dan disamping akan muncul URL yang sudah pendek

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Nah, hasil link pendeknya seperti ini: http://goo.gl/p2jMA6


2. Bitly.com
Layanan pemendek URL gratis juga diberikan oleh bitly.com. Cara membuat link pendek tersebut juga sangat mudah. Hanya tinggal kunjungi web nya, di sisi kanan atas ada kotak Shorten URL. Silahkan masukkan URL yang ingin di singkat, lalu klik Shorten.

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Link pendek pun akan segera muncul setelah proses loading. Apabila sudah muncul, copy paste URL dari bit.ly tersebut.


3. Is.gd
Saya paling suka pakai yang ini. Is.gd mempunyai domain yang sangat pendek hanya 4 karakter. Berarti akan menghasilkan URL yang lebih pendek juga. Tampilan laman web nya pun tidak berat. Sama seperti layanan shortener lainnya, kita cukup memasukkan link yang akan di singkat, lalu klik Shorten

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Setelah klik , Link yang pendek akan muncul setelah proses loading

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Tekan CTRL + C dan link pun sudah ter copy


4. Adf.ly
Yang satu ini juga tidak kalah menarik. Banyak juga para blogger yang menyisipkan link download yang dipendekkan melalui adf.ly (modus mencari $). Karena, setiap kita mengklik URL yang di shorten dari adf.ly yang sudah punya akun sendiri, jumlah dollar nya pun bertambah.

Pasti pernah download file file hasil browsing di google kan? jika setelah anda klik link dan muncul seperti ini

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Berarti anda menambahkan score $ pada akun dari blogger tersebut. Tunggu 5 detik dan klik lewati untuk menuju ke alamat halaman yang di singkat. Jika anda ingin memendekkan URL langsung tanpa memperoleh dollar, langsung saja masukkan URL, lalu klik Shrink!


5. Tr.im
Selain Is.gd, saya juga suka Tr.im ini. Menurut saya, website ini dapat menyingkat URL dengan cepat tanpa loading page. Saya juga sudah coba sendiri. Tampilannya pun tidak berat. Tidak berisi file file yang kurang penting. Seperti ini situs nya.

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Nanti, apabila anda sudah meletakkan URL di kolom, klik trim. Dengan cepat, alamat pendek dari Tr.im akan muncul dibawah

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Alamat pendek tersebut bisa anda copy dan juga bisa di share ke Facebook, Twitter atau Google Plus


6. Ow.ly
Ow.ly adalah Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL yang tergolong populer di gunakan. Ini terbukti dari pagerank yang sudah didapatinya. Yaitu PageRank 7. Sebuah prestasi yang sungguh hebat. Dari penampilan, bagi saya menarik dan loading juga tidak berat. Ow.ly juga melayani hosting untuk yang mau upload gambar untuk mendapatkan URL. Begini nih tampilannya.

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Yang menarik disini adalah, ketika anda mengklik Shrink It, anda akan diverifikasi apakah manusia atau bukan melalui Human Verification. Uniknya, kalau saya disuruh untuk memasukkan bola golf.

Daftar Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL

Setelah anda berhasil menyelesaikan Game tersebut, baru anda dapat mengambil URL pendek.


Memang sedikit Ribet. Tetapi mungkin justru keribetan ini menjadi daya tarik pengguna nya. Mereka dapat bermain Human Verification.


7. Mcaf.ee
Website Mcaf.ee juga tidak mau kalah. Ia juga punya tool shortener URL. Tetapi, karena saya orangnya suka yang simpel atau polos, jadi, saya kurang senang menggunakan Mcaf.ee. Tapilannya penuh variasi dan berisi loading gambar ini dan itu membuat kurang nyaman.


Itu hanya pendapat saya saja. Tetapi belum tentu anda merasa seperti itu saat membuat Mcaf.ee kan?


8. Tinyurl.com
Selanjutnya adalah Tinyurl.com. Mungkin anda menyebutkan dengan tinyurl (disambung). Padahal, pemenggalan kalimat yang benar adalah Tiny URL. Situs Shortener URL ini cukup unik. Bagusnya di Tinyurl adalah kita dapat memilih path atau bagian url pendek yang diciptakan oleh tinyurl nantinya. Seperti ini contohnya.

Silahkan bagi anda yang ingin mencoba menyingkat alamat di tinyurl. Hasil URL nya bisa anda pilih sendiri. Seperti saya yang memilih address http://tinyurl.com/jonarendra. 


9. Tiny.cc
Memiliki nama yang hampir sama dengan Tinyurl.com, Tiny.cc juga mempunyai fungsi yang sejenis dengan tinyurl. Yaitu kita bisa memilih path. Jadi, anda bisa buat URL yang sangat pendek dengan situs ini.


Tidak hanya bisa menyingkat URL. Link yang anda masukkan juga bisa anda bentuk menjadi QR Code disini. Caranya hanya mengklik tulisan Get QR di hasil url tiny.cc.


Setelah itu, mari kita simak Situs Penyedia Short URL atau Pemendek URL dari saya yang terakhir.


10. Cli.gs
Seperti sejumlah website url shortener lainnya, cli.gs mengutamakan tool URL shortener nya. Cara menggunakan nya pun tidak ada bedanya. Tetapi, disini kita juga bisa membuat custom link atau membuat sendiri path nya.


11. Gettt.tk
Yang satu ini adalah tambahan dari pengunjung Jona Rendra lewat komentar. Ia mengusulkan website gettt.tk sebagai Situs Penyedia Shortener URL atau Pemendek URL lainnya. Yang ternyata hasil URL yang singkat cukup pendek. Mungkin karena jarang yang pakai. Saya juga baru tahu ada situs ini. Tampilannya seperti:
Daftar Situs Penyedia URL Shortener atau Pemendek URL

Desain tool nya cukup keren dan menarik. Setelah memasukkan alamat yang panjang ke kolom URL lalu klik Shrink URL Now, kita bisa langsung lihat URL pendek nya. Cukup cepat kan?

Silahkan dipilih pilih mau pakai yang mana situs Shorter URL diatas. Data diatas saya urutkan dari yang paling populer ke yang jarang di gunakan. Maksud paling populer adalah situs Shorter URL atau pemendek URL yang paling sering saya lihat. Baik itu di media social, atau pun di blogger.

Itulah artikel dari Jona Rendra pada hari ini yang berjudul Daftar Situs Penyedia URL Shortener atau Pemendek URL, semoga dapat menambah pengetahuan anda seputar Situs Shortener URL. Apabila anda mempunyai website langganan lainnya, silahkan beritahukan saya melalui komentar dibawah.

KATEGORI:
arrow_back
arrow_forward

3 komentar

sebenernya ada lagi gan,, url nya = gettt.tk
kalo boleh si tolong update ^_^

wah, iya
situs shortener url nya bagus tuh
makasih ya atas usulannya
postingan sudah saya update

Hehe, makasih ya gan infonya. ini ane newbe nih perrlu banyak informasi tentang ginian :)

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar
EmoticonEmoticon