Monday, 8 July 2013

Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY?

Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY? Apa anda disini sering bermain laptop atau komputer? Jaman sekarang ini pasti lebih memanfaatkan komputer untuk melakukan kegiatan atau aktifitas saat ini. Misalkan dengan mencari informasi, membuat sebuah data, mengetik, bermain game, internet, dan programming.

Komputer terdiri atas Monitor, Keyboard, CPU, Mouse, dan alat alat input serta output lainnya. Monitor adalah media untuk menampilkan data, keyboard adalah media untuk mengetik dan mengirim data, CPU adalah tempat pemrosesan data dan Mouse untuk menggerakkan pointer dan memilih / mengklik klik menu yang ada di monitor.

Mengapa Susunan Keyboard Komputer QWERTY?

Yang akan saya kali ini bahas adalah Keyboard. Coba perhatikan keyboard laptop anda pasti terdapat banyak tombol tombol yang berupa angka, simbol, huruf, karakter, fungsi, dan lain lain. Tapi, tidakkah anda perhatikan kalau susunan tombol huruf pada keyboard QWERTY? seperti ini QWERTYUIOP ASDFGHJKL ZXCVBNM. Tidak beraturan. Mengapa tidak disusun sesuai abjad? Nah, berikut ini ada sejarah Mengapa Susunan Keyboard Komputer QWERTY.

Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY?

Urutan tombol huruf pada keyboard yang sekarang ini adalah QWERTY. Disusun seperti itu karena pencipta mesin ketik pertama Christopher Latham Sholes (1868) menganggap susunan begini lah yang paling rumit dan berantakan. Kenapa di buat acak acakan? Menurutnya, pengguna mesin ketik pada waktu itu dapat mengetik dengan sangat cepat jika susunan huruf nya sesuai abjad. Maka dari itu, ia mengacak susunan supaya orang orang yang memakai mengetik dengan lebih lambat

Lalu, apabila mengetik dengan cepat, apa masalahnya ya? Jaman dulu, masih menggunakan mesin ketik. Kalau terlalu cepat menekan tombol dengan pindah pindah (mengetik) sering mengakibatkan batang batang huruf yang menghentak pita mengalami kegagalan mekanik. Sebab, saking cepatnya ini menimbulkan jarum jarum tinta menjadi saling terkait dan melilit.

Nah, karena masalah tersebut, Christopher Latham Sholes mempunyai sebuah ide untuk membuat orang mengetik dengan lambat dan berhati hati dengan mengacak acak susunan tombol huruf. Dan tombol QWERTY adalah urutan tombol yang paling rumit menurutnya. Maka dari itu sampai sekarang susunan keyboard adalah QWERTY.


Sebenarnya tak lama setelah susunan QWERTY, muncul lagi susunan yang katanya lebih efisien pada tahun 1940 yang bernama DVORAK oleh Dr. August Dvorak. Keyboard ini juga sudah masuk ASK (American Simplified Keyboard). Tapi ternyata, DVORAK harus mengalah pada QWERTY karena sudah terlalu banyak yang pakai atau istilahnya sudah mendominasi. Keyboard DVORAK mempunyai beberapa versi dan saya tunjukkan lewat gambar dibawah

Susunan Keyboar Dvorak

Jadi, karena saya sudah terlalu akrab dengan papan keyboard QWERTY, saya akan memilih untuk tidak mengganti susunan nya lagi. Bisa bisa dari cepat, sekarang malah lambat proses saya mengetik. Itulah postingan Jona Rendra pada hari ini yang berjudul Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY?, semoga bisa menambah wawasan anda.

Refrensi

KATEGORI:
arrow_back
arrow_forward

9 komentar

wah posting yang sangat berguna nih,
ini tak pernah terpikirkan dalam otak nih :D , asal pake aja

iya, hanya sekedar untuk tahu saja
masa sih baru tau? :D

baru tau saya klo seperti itu hahah.. Thanks

come back

owalah ini to sejaahnya..
terimakasih postnya menambah wawasan..

haha,ternyata banyak juga yang baru tau :D
saya juga sih

oke deh
makasih juga sudah berkunjung

lucu juga, maksudnya memperlambat malah sekarang maksud penemu itu tak berpengaruh soalnya, banyak orang yang sudah mahir mengetik ppake qwerty :D

Haha kirain kenapa qwerty tau taunya begituu. Postingannya nice deh buat nambah2 wawasan.

pas gan penjelasannya.. trnyta karena itu yaaa disusun secara acak :D

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar
EmoticonEmoticon