Sunday, 21 July 2013

Pengertian Niche Blog, Jenis Dan Kelebihannya

Pengertian Niche Blog, Jenis Dan Kelebihannya. Saat ini, semakin banyak istilah istilah dalam blogging. Kita juga harus selalu mengerti istilah tersebut agar dapat dengan mudah melakukan kegiatan blogging. Salah satu istilah yang waktu itu muncul adalah Niche Blog. Pada awalnya saya benar benar tidak paham maksud dari Niche Blog. Saya kira itu maksudnya nama blog. Dan ternyata bukan. Apa itu Niche Blog?

Pengertian Niche Blog, Jenis Dan Kelebihannya

Pengertian Niche Blog

Niche Blog adalah web/blog yang khusus untuk memberikan informasi seputar satu topik saja dan tidak bercampur aduk. Dengar dengar, blog yang khusus untuk satu topik saja lebih baik dari blog yang membahas informasi campuran. Sebab, jika blog tersebut memusatkan pada hanya beberapa topik tertentu saja, pengunjung pasti akan menemukan banyak artikel terkait.

Contohnya blog anda bertemakan SEO. Anda harus menyajikan artikel artikel hanya seputar SEO saja. Misalkan Cara membuat blog seo friendly, template seo, meta tag seo, widget seo dan bermacam hal lainnya yang berbau SEO. Pengunjung yang sedang senang senangnya tentang SEO pasti akan menjelajah blog anda lebih lama. Dan ini pun dapat menambah banyak Page Views anda.

Jujur saja, blog Jona Rendra ini adalah blog Campur Sari atau membahas bermacam hal. Saya baru mengetahui kalau blog niche itu bagus setelah Blog Jona Rendra ini sudah mempunyai artikel yang campur aduk. Maka dari itu, saya memutuskan untuk membuat blog baru yang khusus untuk menginformasikan tentang Blog.

Bagaimana? sudah mengertikan apa maksud dari niche Blog? Sekarang saya akan memberikan informasi lebih lanjut yaitu jenis jenis niche blog.

Jenis Jenis Niche Blog

Ternyata, Niche Blog itu ada ragam nya lho. Saya juga baru tau hal ini setelah menjelajah di Google. Jenis jenis niche blog tepatnya ada 4 yaitu:

  1. Whole-Niche
Whole-Niche adalah blog niche yang membahas seluruh jangkauan topik. Seperti contoh yang sudah saya berikan tadi misalkan blog anda adalah membahas tentang SEO. Apabila blog anda tergolong dalam Whole-Niche, jadi artikel yang anda publish adalah segala hal yang ada kaitannya tentang SEO seperti template seo, meta tag seo, trik seo, dan yang lainnya.

  2. Broad-Niche
Broad-Niche adalah blog niche yang memberikan artikel dengan tema sampai keseluruhan. Contoh nyata dalam blog adalah misalkan ada sebuah blog yang berjenis Broad-Niche dengan tema SEO. Maka, artikel yang di publikasikan semua hal yang berbau SEO. Misalkan Teknik seo dan keuntungan menerapkan trik seo.

  3. Themed-Niche
Themed-Niche adalah blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Misalkan anda mempunyai blog dengan tema Blogger. Nah, kalau artikel yang ada di blog anda hanya seputar Blogger terutama seo off page untuk blogger saja. Tidak yang lain.

  4. Micro-Niche
Micro-Niche adalah blog yang sangat mengarah pada satu topik hingga begitu detail membahasnya. Seperti contoh jika anda mempunyai topik SEO. Yang akan anda sajikan adalah konten konten yang mendetail tentang SEO. Misalnya sejarah seo, penemu seo, pengertian seo dan sebagainya.

Sebenarnya pada jenis jenis diatas tidak terlalu beda satu sama yang lain. Dan jujur saya juga kurang begitu mengerti apa perbedaan yang mencolok. Kita tinggalkan masalah Jenis Jenis Niche blog, mari simak ulasan menarik tentang Kelebihan Menggunakan Niche Blog.

Kelebihan Menggunakan Niche Blog

Dari tadi saya jelaskan panjang lebar seputar Pengertian Niche Blog dan Jenis Jenisnya. Tidak lengkap rasanya tanpa memberi alasan mengapa saya menyarankan untuk memilih Niche Blog ketimbang blog campur sari atau blog yang tema utamanya tidak jelas.

  1. Blog niche selalu memiliki artikel yang sesuai dan saling terkait satu sama lain. Ini bisa menjadi manfaat untuk pengunjung karena terdapat banyak konten yang ia cari dengan tema serupa.
  2. Konten blog niche yang sempit dan terbatas membuat blog tersebut menjadi otoritas bagi pengunjung atau bisa diartikan sebagai langganan. Karena bisa saja tema blog kita juga digemari oleh pengunjung tersebut.
  3. Mudah mencari artikel artikel yang sesuai dengan tema. Sebab, jika topik blog kita adalah topik yang kita senangi atau ahli dalam bidang tersebut, kita dapat dengan mudah menentukan apa apa saja yang menjadi konten pada blog.
  4. Dapat mempermudah untuk mengoptimasi target kata kunci (keyword) sehingga blog bisa tampil di posisi teratas di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Jadi, kesimpulannya niche blog itu bagus diterapkan bagi blog baru. Sebab sudah dilihat beberapa kelebihan yang terdapat diatas. Selain itu, Niche blog juga bagus untuk SEO. Maka dari itu saya sudah membuat satu niche blog yang khusus untuk informasi blog dan seo. Nama blog yang saya miliki adalah Info Blog dan SEO.

Itulah postingan Jona Rendra yang berjudul Pengertian Niche Blog, Jenis Dan Kelebihannya, semoga dapat menjadi refrensi bagi anda yang masih kurang mengerti seputar istilah istilah dalam dunia blog terutama Niche. Jika ada pendapat lain tentang Niche blog menurut anda, silahkan berikan lewat komentar dibawah

Refrensi

KATEGORI:
arrow_back
arrow_forward

12 komentar

Sebetulnya aku sudah punya beberapa niche blog, yang aku buat satu tahun yang lalu, dan memang pageviewsnya lumayan cukup tinggi bila di banding dengan blog2 aku lainnya yg campur sari,dan nggak tahu mengapa dulu aku membuatnya, dan juga nggak ngerti tentang niche blog...nah, setelah membaca artikel ini, he he, jadi beruntunglah aku punya beberapa niche blog, dan didalamnya aku pasang backlink menuju blog baru yang aku buat di akhir januari 2013 dengan akun gmail Kang Sun, ini...nice shared, Sob, thanks banget infonya!

Jadi dapat pengetahuan baru saya mas disini ternyata ini ya pengertian nice yang banyak disebut-sebut orang ada yang bilang nice campuran dan nice satu topik.Terima kasih mas penjelasannya.

haha, kalau blog ini gak termasuk niche blog..
artikel nya campur aduk dan beraneka ragam
tapi, setelah saya baru mengenal jika blog niche itu bagus, saya bikin blog baru ^^

begitulah pengertian dari Niche Blog. Bukan Nice Blog.
kalau Nice blog berarti blog bagus dong :D

Boleh tahu donk,Sob alamat Niche blognya?

boleh dong
disini
informasiterbarublog.blogspot.com

oh begitu ternyata pengertiannya. sering denger tapi gak tau artinya, hehehehe.....

haha, yang penting sekarang kan udah tahu
makasih ya sudah berkunjung

thanks sharingnya sob, berarti jika ingin punya niche blog kita harus master dong di bidangnya,heee

tergantung juga sih, kalau kita kurang ilmu, bisa cari cari refrensi di google

menurut saya jenis niche blog itu bisa diwakilin di penjelasan tentang "satu topik saja" contoh tentang SEO. blog yang membahas tentang SEO masih berhubungan sama bisnis, tempat bisnisnya (blogspot) dll. terima kasih sob sudah berbagi

udah coba nyari pengertian niche di blog yang lain. tapi tetep aja belum paham. setelah baca postingan nya mas , saya jadi paham. dan sangat paham . terimaksih ilmunya. saya akan mencoba untuk membuat niche blog.

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar
EmoticonEmoticon