3 Tahun Blog Jonarendra, Desain Baru

Tepatnya pada tanggal 12 Maret yang lalu Blog Jonarendra sudah genap berumur 3 tahun. Saya baru buat postingan tentang hari jadi ini karena suatu hal. Ya sudah pasti malas ngeblog. Bagaimana mau update kalau untuk membuka laptop saja sudah tidak ada minat. Jadi, maaf kalau ada banyak postingan saya yang rusak, tidak work atau ketinggalan jaman alias basi serta komentar yang belum  dibalas.

Berhubung sekarang pingin menghidupkan kembali blog yang sudah 3 tahun ini, saya merefresh tampilan template dan desain dari blog ini. Dan dari sinilah saya bercerita, silahkan langsung scroll kebawah jika ingin melewati.

Hampir 1 tahun saya menggunakan template buatan Mas Sugeng yang pasti sudah dikenal para blogger. Apalagi kalau bukan Fastest Magz. Template tersebut merupakan template premium (berbayar), jadi saya hanya bisa melihatnya saja dan meniru dikit dikit. Searching di Google ternyata ada saja yang membaginya secara gratis langsung download!. Ya udah di pakai aja.

Lama kelamaan sering diutak atik, kok rasanya jadi berat saat me-loading dan ada beberapa komponen yang tidak bekerja. Kebetulan waktu itu lagi sibuk di sekolah, jarang sekali ada waktu untuk ngeblog. Pas juga laptop saya lagi gak bener. Hilanglah minat ngeblog saya. Blog terbengkalai dari bulan Agustus 2014. Tetapi sempat lah bikin postingan dari hp samsung saya dan komputer di warnet. Itu juga artikel asal asalan karena saya sedang asiknya main game Clash of Clans jadi ada ide post. Contohnya: Semua Troops (Karakter) di Clash of Clans

Awal tahun 2015 saya iseng buka dashboard blogger ternyata artikel COC saya banyak yang minat! Seakan saya terpanggil untuk aktif ngeblog lagi. Antara bulan Juni setelah ulangan umum, saya sudah mulai memikirkan apa apa saja yang perlu diperbaiki pada blog. Sudah ada corat coretnya di buku sekarang tinggal menerapkannya ke blog tapi apa daya laptop lagi error (gak perlu disebutin apanya yang error). Coba cari di google lewat hp solusinya dan coba utak atik laptop sendiri. Akhirnya bisa! saya langsung mengaktifkan hotspot hp untuk internetan.

Setelah sekian lama, saya bisa mengedit blog lagi. Berikut ini ada before-after dari Blog Jonarendra

1. Template

Memang tidak dianjurkan sering sering ganti template. Dengan begitu banyak pertimbangan, saya tetap memilih menggati total template blog. Sempat googling sebelumnya, sepertinya ada tren desain template baru. Karena rata rata blog yang saya temui templatenya mirip-mirip. Setelah ditelusuri, saya menemukan template Simple SEO dari Arlina Design. Di view ternyata lumayan rapi, ringan, fasilitasnya lengkap dan yang paling penting responsive. Akhirnya saya terapkan ke blog ini, walaupun ada beberapa perubahan.

2. Logo

Bisa dibilang logo merupakan identitas dari suatu produk. Dengan melihat kita bisa mengingat brand atau merk dibaliknya. Maka dari itu logo yang unik dan mudah diingat sangat diperlukan. Dari dulu bentuk logo blog ini kayak gini

Sangat matah. Saya buatnya ketika menggambar huruf J diberi efek 3 dimensi. Lalu menghilangkan (membuat transparan) huruf J dan hanya menampilkan bayangan 3d saja, sisanya hanya ganti warna dan bentuk background. Tetapi perubahan saya lakukan pada tahun ini. Tetap mempertahankan bentuk awal logo, saya menyambungkan 2 sisi menjadi satu bidang. Seperti ini lah perbedaannya

3. Header

Logo untuk header juga sedikit saya sempurnakan dengan menghilangkan elemen yang tidak perlu supaya lebih bersih, mengganti huruf r JonaRendra menjadi Jonarendra, serta warnanya menjadi biru muda. Bisa dilihat dibawah ini perbedaanya



Intinya post ini telat saya buat, harusnya 12 Maret tetapi baru sekarang karena ada hal hal yang terjadi seperti yang saya jelaskan diatas. Saya ingin untuk selanjutnya Blog Jonarendra ini bisa tetap saya update secara rutin. Walaupun tidak menghasilkan uang tetapi blog ini membuat saya senang.

No comments for "3 Tahun Blog Jonarendra, Desain Baru"