Tutorial Mudah Mengedit Tema LINE Supaya Lebih Unik


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial untuk mengedit tema dari aplikasi LINE. Theme atau tema LINE sebenarnya dapat kita unduh melalui LINE Theme Store (Toko Tema). Ada yang gratis dan juga berbayar. Tapi, supaya tema LINE saya lebih unik dari yang lain, maka tema tersebut saya mod atau edit. Ingat, tutorial ini untuk mengedit tema LINE bukan membuatnya. Sehingga kita perlu mengunduh satu tema untuk diedit.

Selain perlu file tema sebagai bahan untuk diedit, kita juga perlu tools untuk mengimport tema hasil editan supaya bisa diterapkan di line. Tools ini bernama Theme Changer (bisa didownload di Play Store). Tutorial ini sudah diberi gambar di tiap step nya, jadi supaya lebih mudah melakukannya.

Tutorial ini saya bagi menjadi 3 yaitu Menyiapkan File Tema LINE, Mengedit Tema, dan Menerapkan Tema Hasil Editan

Menyiapkan File Tema LINE


1. Tema bisa download yang gratis di toko tema atau mencari tema lainnya di google.
2. Kalau mendownload dari toko tema (saya contohkan dengan tema white) cari file tema tersebut di direktori: storage\Android\data\jp.naver.line.android\theme


3. Lalu akan tampil folder-folder tema yang namanya sulit dimengerti. Buka satu-satu folder tersebut cari file yang bernama themefile.xx. Contohnya saya menemukan file bernama themefile.64.


4. Lalu pindahkan file tersebut ke komputer lalu ubah ekstensi file menjadi zip, setelah itu ekstrak.



5. Akan muncul file-file penyusun tema yang terdiri dari file json dan image. Buka file json tersebut lewat text editor seperti notepad++, sublime atau lainnya.


6. Akan terlihat nama dari tema tersebut. Apabila tema tersebut yang akan digunakan, lanjutkan tutorial ini. Sedangkan apabila tema yang dimaksud bukan yang itu, ulangi kembali dari langkah 2 sampai ketemu file yang dimaksud.

Akan lebih mudah kalau download tema dari luar, bisa dicari di google. Karena nantinya kita langsung mendapat file zip/rar dan mencarinya pun mudah.

Mengedit Tema


1. Kalau sudah pada langkah ini saya anggap file tema sudah diekstrak dan sudah keluar folder image dan file json nya. Sekarang tinggal di mod atau diganti-ganti gambar yang ada di folder image sesuai keinginan. Gambar icon yang diganti haruslah memiliki format dan resolusi yang sama.
2. Saya beri contoh ketika saya akan mengganti tombol menu "Teman" dengan foto.


3. Terdapat 2 icon yang akan diganti. Ukurannya 128x112 pixel dengan format png. Jadi saya akan buat gambar baru sesuai spesifikasi tersebut.
4. Setelah gambar jadi, timpa gambar asli dengan gambar yang baru kita buat. Ingat! nama gambar juga harus sama.


Untuk contoh kali ini itu saja yang saya edit, bisa dikreasikan sendiri nanti apa saja yang akan diubah.

Menerapkan Tema Hasil Editan


1. Jika sudah selesai mengganti file gambar, selanjutnya kompres folder image dan file json menjadi zip file.
2. Pindahkan tema baru berformat zip tadi ke hape.
3. Buka aplikasi line theme changer.


4. Klik tanda + untuk mengimport tema.
5. Browse tema, jika sudah bertuliskan "Import success", terapkan tema sesuai arahan dari aplikasi. Sebelumnya download dulu tema sebagai wadah tema editan, entah itu tema white, black atau brown. Lalu nanti muncul pilihan tema yang akan di replace. Setelah itu disuruh untuk mematikan koneksi internet dan menerapkan tema baru.


Sekarang tampilan LINE kita sudah berhasil kita desain sendiri. Contoh hasil tema editan yang saya pakai untuk membuat tutorial ini hanya mengubah gambar icon friends menjadi foto saya. Kalau anda lebih niat, semua gambar dari tema bisa diedit. File json nya pun juga bisa diedit untuk merubah atribut / metadata dari file tema.


Sekian post dari Blog Jonarendra yang berjudul Tutorial Mudah Mengedit Tema LINE Supaya Lebih Unik semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan, silahkan tanya lewat kolom komentar dibawah.

4 comments for "Tutorial Mudah Mengedit Tema LINE Supaya Lebih Unik"

  1. jadi gitu caranya ngedit tema Line simple bang dan mudah dipahami thanks for information

    ReplyDelete
  2. baru tau ternyata tema LINE juga bisa diganti

    ReplyDelete
  3. mudah ternyata yah , kirain ganti tema line suah

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar