Friday, 19 January 2018

Perbandingan 2 Website - Interaksi Manusia Komputer



Ada banyak memang portal berita online yang bisa ditemukan. Tapi apakah semuanya memberikan informasi yang akurat? Dan apakah para pembaca nyaman dengan tampilan dari website tersebut? Untuk itu pada artikel bertema Interaksi Manusia Komputer ini akan disampaikan hasil analisis dua buah website berita smartphone terkait dengan pengalaman pengguna atau pembaca.

Website yang akan Blog Jonarendra bandingkan adalah GSMArena.com dengan TabloidPULSA.co.id. Kedua website ini merupakan portal berita tentang handphone, baik itu berita terbaru tentang handphone, sampai review atau mengulas lebih dalam suatu produk HP. Dipilihnya kedua website ini supaya bisa membandingkan bagaimana kualitas antara website berstandar internasional dengan website lokal (Indonesia).

Perbandingan 2 Website - Interaksi Manusia Komputer


Tampilan Umum


Berikut ini tampilan umum GSMArena.com dan TabloidPULSA.co.id yang diambil melalui screenshot laptop dan smartphone.



Tampilan beranda GSMArena.com



Tampilan beranda TabloidPULSA.co.id



Tampilan artikel GSMArena.com



Tampilan artikel TabloidPULSA.co.id



Tampilan mobile GSMArena.com



Tampilan mobile TabloidPULSA.co.id


Tata Letak


Analisis pertama yaitu tentang susunan tiap-tiap objek atau tata letak dari website GSMArena.com dan TabloidPULSA.co.id.



Tata Letak Objek GSMArena.com



Tata Letak Objek TabloidPULSA.co.id

Dilihat dari susunan objeknya, keduanya memiliki tata letak yang berbeda. Tata letak pada GSMArena rapi, penempatan objek tepat, margin dan padding juga sudah baik. Sedangkan pada TabloidPULSA, tata letak objek ada yang terlalu lebar seperti menu navigasi, dan terlalu sempit seperti widget trending tag, jika diorientasikan dari lebar konten.

Perbedaan selanjutnya, GSMArena menerapkan konsep 2 kolom. 1 bagian sidebar disisi kiri, dan 1 bagian konten disisi kanan. Sedangkan TabloidPULSA menggunakan 4 kolom yaitu 1 sidebar bagian kiri, 3 kolom konten selanjutnya. Jika diperhatikan tampilan GSMArena lebih mudah dibaca karena konten memusat pada 1 kolom.

Secara keseluruhan, tata letak GSMArena bergaya majalah (magazine) yang menampilkan deretan artikel dengan thumbnail atau gambar cuplikan yang dibuat besar. Hal tersebut memudahkan pembaca dalam melihat-lihat artikel. Sedangkan pada TabloidPULSA tata letaknya bergaya blog dengan menampilkan lebih banyak teks dari pada gambar. Terlihat membosankan dan kurang menarik minat pembaca.


Warna



Tema warna dari GSMArena.com dan TabloidPULSA.co.id

Untuk keseluruhan penggunaan warna dari GSMArena dan TabloidPULSA seperti ditampilkan pada ilustrasi diatas. GSMArena menggunakan warna abu-abu tua sebagai warna primer, abu-abu muda sebagai warna sekunder, dan warna merah sebagai aksen. Sedangkan TabloidPULSA menggunakan warna merah marun sebagai warna primer, warna putih sebagai warna sekunder, dan aksen berwarna merah marun tetapi lebih terang. Juga terdapat warna hitam sebagai penyeimbang.

Warna – warna tersebut diterapkan di website sehingga seperti tampilan seperti sekarang. GSMArena lebih menonjolkan warna abu-abu, sedangkan TabloidPULSA merah marun.




Beberapa warna yang kurang cocok pada GSMArena dan TabloidPULSA

Tetapi ada beberapa warna-warna yang tidak cocok. Pada website GSMArena, warna teks pada judul widget dibuat putih dengan background abu-abu terang, sehingga terlihat hampir menyatu. Akan lebih baik background judul diberi warna lebih gelap supaya lebih kontras.

Untuk website TabloidPULSA, pada widget trending, ketika link di sentuh (hover) cursor, background link berubah menjadi biru. Terlihat tidak cocok. Tetapi pada judul widget kategori HP, ketika di sentuh cursor background berubah menjadi merah sehingga hampir menyatu dengan warna teks. Juga pada warna menu brand HP di widget yang sama. Tetapi disini background dibuat warna merah sedangkan teks berwarna hitam. Sebaiknya jika ingin background berwarna merah, warna teks dibuat berwarna putih supaya lebih kontras.

Gestur


Dari segi gestur atau kemudahan dalam mengoperasikan, GSMArena dan TabloidPULSA sama-sama mudah dioperasikan. Keduanya sudah memiliki format website pada umumnya sehingga pembaca baru sekalipun sudah mengerti fungsi-fungsi yang ada di kedua website tersebut.

Dari halaman beranda sampai halaman artikel, pengguna dapat memilih sesuai keinginannya. Yang tidak biasa, terdapat pada GSMArena. Widget pencariannya memiliki fitur rekomendasi dan last visited. Sehingga pembaca mudah menentukan artikel mana yang hendak dicari. Kemampuan ini tidak ditemukan pada TabloidPULSA.

Selain search bar, terdapat perbedaan dari fitur komentar. Keduanya memang menyediakan kolom komentar, tetapi formatnya berbeda. GSMArena memiliki kolom komentar sendiri, sedangkan TabloidPULSA menggunakan kolom komentar milik Facebook. Di GSMArena, kita bisa komentar tanpa login maupun sign up di situs tersebut terlebih dahulu, melainkan hanya menulis nama saja. Sedangkan di TabloidPULSA, harus login terlebih dahulu ke Facebook baru bisa mengirim komentar. Komentar yang kita kirim di TabloidPULSA akan langsung muncul. Berbeda dengan GSMArena yang memoderasi komentar yang terkadang kurang disenangi pengguna.

Artikel review pada GSMArena ada berbagai format. Ada halaman specification yang berisi spesifikasi berformat list, gambar-gambar gadget, 360 view, opini pemirsa, compare (membandingkan) dan artikel review dengan gaya berita atau di GSMArena disebut preview atau time saver edition (review singkat). Sedangkan di TabloidPULSA hanya terdapat artikel review, specification list, gambar gadget dan komentar. Dalam hal kemudahan membaca review gadget, GSMArena lebih unggul.

Selain itu, dalam tampilan mobile phone, tentunya kedua website ini telah menyediakan tampilan versi mobile. Cara mengaksesnya dengan menambahkan "m." pada URL kedua website tersebut, www.m.gsmarena.com dan www.m.tabloidpulsa.co.id. Tampilannya pun disederhanakan dengan mengunggulkan fungsi menu dan scroll. Tetapi dalam hal ini GSMArena unggul lagi, tampilan artikel pada halaman beranda berada posisi horizontal scolling jadi seperti slide, menu navigasi dibuat lebih sederhana dan tidak melebar. Sedangkan TabloidPULSA, menu dibuat show hide dan pada saat laporan ini dibuat ternyata menu tersebut tidak berfungsi, sehingga dengan kata lain tidak bisa melihat menu pada tampilan mobile. Artikel yang ditampilkan pada halaman beranda juga hanya 1 kolom. Hal ini sangat tepat diterapkan pada versi mobile, tetapi pembaca hanya bisa melihat artikel Headline saja. Berbeda dengan GSMArena yang menampilkan Headline, Blog, Latest Phone dan lain sebagainya, ditambah fungsi horizontal scrolling yang membuat pembaca tidak perlu terus menggulir layar kebawah.

Kemudahan lain juga bisa dirasakan di GSMArena yang memiliki fitur AMP (Accelerate Mobile Page). Tampilan versi AMP ini merupakan tampilan yang sangat baik di mobile karena dioptimasi sesuai aturan dari Google. Website yang valid AMP pada pencarian google terdapat tanda petir. TabloidPULSA belum memiliki fitur ini.



GSMArena telah mendukung AMP

Daya Guna Heuristik


Menganalisis suatu website dengan konsep Heuristik juga merupakan hal yang penting. Karena daya guna heuristik menentukan bagaimana membuat website supaya pengguna atau pembaca nyaman.

1. Dialog sederhana dan alami
Karena website ini lebih menjurus ke review atau mengulas suatu produk, jarang ada dialog dengan pembaca dan hanya menampilkan daftar spesifikasi. Sehingga bahasa yang digunakan jelas menggunakan bahasa seputar teknologi.

2. Bahasa user
GSMArena.com karena merupakan situs internasional, menggunakan bahasa Inggris. Sedangkan TabloidPULSA.co.id menggunakan bahasa Indonesia karena situs ini berbasis lokal.

3. Mengurangi beban inputan user
Dari segi ini bisa dilihat kedua website telah memiliki menu, daftar artikel, dan berbagai list yang membuat pengguna cukup memilih tidak perlu mengetik alamat (URL). Tetapi pengalaman yang lebih dirasakan di situs GSMArena.com dimana widget pencarian memiliki fitur recommendation sehingga ketika mengetik sedikit saja, muncul artikel rekomendasi.

4. Konsisten
GSMArena.com telah konsisten dalam berbagai hal seperti bahasa, tata letak dan tema. Karena target pembaca situs ini internasional, bahasa yang digunakan bahasa Inggris. Tata letak juga sudah konsisten seperti tata letak website pada umumnya. Pos atau artikel yang ada juga telah konsisten tidak melenceng dari tema yaitu Gadget.
Sedangkan TabloidPULSA.co.id mungkin masih berstatus website lokal sehingga seharusnya hanya menggunakan bahasa Indonesia. Tetapi pada beberapa artikel, list spesifikasi gadget disajikan berbahasa Inggris sehingga tidak konsisten.

5. Sistem timbal balik
Sistem timbal balik atau feedback merupakan fungsi yang memperbolehkan pengguna untuk mengirim pesan atau komentar kepada administrator. Kedua website ini telah memiliki laman untuk feedback. Pada GSMArena.com terdapat pada menu "Contact Us" atau forum yang tersedia untuk pengguna terdaftar. Sedangkan pada TabloidPULSA.co.id, menu feedback bernama "Tanya Pulsa".

6. Jalan keluar yang jelas
Kedua website telah memiliki menu dan berbagai link untuk pergi dari satu halaman ke halaman lain.

7. Jalan pintas
Dengan menu dan link, pengguna juga bisa membaca suatu artikel tanpa pergi ke beranda terlebih dahulu, karena pada halaman artikel juga terdapat menu dan widget-widget pendukung seperti artikel terkait.

8. Pesan kesalahan yang baik
Dalam website, pesan kesalahan akan muncul jika pengguna mencari sesuatu tetapi tidak tersedia dalam website tersebut. GSMArena.com dan TabloidPULSA.co.id sudah menampilkan pesan kesalahan. Tetapi perlu diperhatikan, pada GSMArena, memberikan pesan kesalahan dengan tambahan opsi mencari dengan metode yang berbeda atau mencari di Google. Sedangkan pada TabloidPULSA.co.id hanya menampilkan pesan kesalahan. Mungkin karena widget search bar ini merupakan Google Custom Search Engine (CSE) sehingga mengikuti gaya Google.



Halaman pesan kesalahan pada GSMArena.com



Halaman pesan kesalahan pada TabloidPULSA.co.id

9. Mencegah kesalahan
Kedua website ini telah menyediakan menu untuk mencegah kesalahan URL yang akan dicari user. Juga terdapat link-link yang mengarah kehalaman tertentu. GSMArena berupaya mencegah kesalahan lebih baik dengan widget pencarian dengan rekomendasi. Sehingga ketika pengguna baru mengetikkan sedikit kata, muncul saran artikel. Sedangkan TabloidPULSA tidak ada fitur ini.

10. Bantuan
Baik GSMArena ataupun TabloidPULSA sudah menyediakan menu bantuan yang berisi cara-cara mengoperasikan website mereka. Pada GSMArena, terdapat menu "Glossary" dan "Term of Use", sedangkan pada TabloidPULSA terdapat menu "Pedoman Media Siber".

Sekian artikel Blog Jonarendra yang berjudul Perbandingan 2 Website - Interaksi Manusia Komputer yang merupakan salah satu tugas. Di posting karena tidak ada ide untuk lagi buat artikel. Semoga bermanfaat.
Comments

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar
EmoticonEmoticon