Gagal di SNMPTN Lulus di SBMPTN


Hari ini adalah hari yang ditunggu tunggu oleh pejuang SBMPTN. 28 Juni 2016 pukul 15.00 Wita hasil SBMPTN sudah bisa di lihat di laman pengumuman.sbmptn.ac.id dan beberapa laman mirror (karena server sering down). Begitu pula dengan saya yang terus memperhatikan count down di laman web tersebut. Menunggu laman web untuk membuka formulir login.

Sedikit cerita, sebelumnya saya sudah mendaftar kuliah lewat jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Tapi sayangnya mungkin memang bukan jalannya untuk masuk lewat jalur undangan tersebut. Padahal jalur ini yang paling saya harapkan. Jalur ini tanpa tes hanya menggunakan nilai rapot. Jadi tidak perlu belajar lagi.

Setelah mengetahui tidak diterima lewat SNMPTN tentunya saya gunakan kesempatan kedua yaitu SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pilihan jurusan tetap sama. Ujian SBMPTN terkenal sulit. Soalnya banyak yang menjebak dan lebih rumit serta waktu yang sangat minim. Belum lagi sistem penilaian yang benar+4 salah-1 kosong 0. Kita dituntut bisa mengatur strategi.

Sebelum hari-H materi ujian memang sudah saya persiapkan. Mulai dari kisi kisi, mengikuti try out, sampai latihan soal sendiri yang saya dapat dari internet. Maklum saya tidak ikut bimbel.

Tiba waktunya ujian di Fakultas Teknik UNUD di Denpasar. Ini momen paling mendebarkan!

Waktu ujian TKD Saintek, saya sedikit kebingungan. Hanya beberapa yang bisa di jawab. Padahal waktu belajar lebih banyak yang saya kuasai. Banyak soal yang meragukan. Ada setengah lebih. Tidak mau ambil resiko, saya kosongin sajalah. Yang menurut saya benar hanya sekitar 8 - 10 soal. Berharap soal TKPA bisa saya jawab secara maksimal karena TKPA sumber nilai terbesar bagi saya.

Selesai tes, saya merasa tidak tenang kepikiran soal yang tadi dikerjakan. Untuk TKD Saintek saya benar benar blank, sedikit sekali soal yang bisa saya jawab yakin benar. Selang waktu hampir 1 bulan menunggu hasil, saya isi dengan refresing dan banyak berdoa semoga bisa lulus pilihan 1 (lulus pilihan 2 dan 3 juga akan saya ambil). Dan akhirnya... Saya dinyatakan lulus pilihan 1!

lulus SBMPTN jhonarendra


2 comments for "Gagal di SNMPTN Lulus di SBMPTN"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar