Menginstal Java di Windows 10



Dunia pemrograman memang sangat luas dan masih akan terus berkembang. Berbagai jenis aplikasi karya programmer-programmer didunia, memberikan berbagai kemudahan bagi setiap orang dalam melakukan aktifitas komputasi.

Ada berbagai macam bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Pada post kali ini saya akan menginfokan bagaimana saya menginstal java development kit (JDK) di Windows 10.

Pertama mungkin saya akan jelaskan dulu sedikit Apa itu JDK. JDK sendiri adalah singkatan dari Java Development Kit yang merupakan lingkungan pemrograman yang dibutuhkan oleh sistem operasi untuk mengcompile dan membenahi error atau bug dari suatu program dengan bahasa Java. Istilahnya JDK ini merupakan library yang memberitahu sistem operasi tentang bahasa Java. Jadi, kalau ingin membuat program dengan extensi .java .jar atau java aplication lainnya, JDK harus terinstal terlebih dahulu.

Cara Menginstal Java Development Kit (JDK) di Windows 10


1. Download terlebih dahulu JDK di website Oracle atau cari saja di google "download JDK" atau langsung klik aja disini.
Mungkin sedikit membingungkan mana yang akan di unduh karena linknya banyak sekali. Pilih product/file yang sesuai sistem dari komputer anda. Lalu klik link download yang ada disebelahnya.

2. Jika proses download sudah selesai, langsung saja mulai proses instalasi dengan menjalankan file instaler yang tadi didownload. Kalau di windows hanya klik 2x, kalau di MacOS atau Linux mungkin beda caranya.

3. Next next saja terus, lakukan instalasi secara default. Nanti kalau proses sudah selesai, pilih close. *kalau pilih Next step anda akan diarahkan ke laman web.

Proses intalasi sudah selesai. Tapi jangan langsung ngoding dulu ya. Anda perlu mengatur path environtment terlebih dahulu.

Cara mengatur path environtment


1. Pada windows 10, cari Control Panel > System and Security > System

2. Lalu klik Advance system setting pada sidebar



3. Muncul jendela baru. Pilih tab Advance, lalu pilih Environtment Variables...

4. Klik New pada system variables

5. Isikan JAVA_HOME pada field Variable name, pada field Variable value isikan direktori tempat instalasi jdk tadi

6. Klik OK



7. Setelah itu klik variable bernama Path lalu klik Edit

8. Klik tombol New

9. Isikan direktori instalasi java seperti tadi ditambah /bin. Atau mudahnya cari folder instalasi java, lalu buka folder bin, dan copy direktori dari address bar



10. Klik OK dan proses mengatur path telah selesai.

Untuk mengetahui apakah java telah benar-benar terinstal, coba jalankan perintah javac melalui cmd (command prompt). Kalau perintah telab dikenali berarti sudah sukses.

Terimakasih telah membaca artikel Blog Jonarendra berjudul Menginstal Java di Windows 10. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memulai mempelajari bahasa pemrograman java. Jika ada kesulitan silahkan tanyakan di kolom komentar.

1 comment for "Menginstal Java di Windows 10"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar