Jenis - Jenis E-mail

Pada layanan E-mail, perlu anda diketahui sebenarnya E-mail dapat dibagi menjadi 3 jenis. Jenis jenis E-mail tersebut antara lain : POP MAIL, Web Based E-mail dan Email Forwarding. Di postingan ini saya akan memberikan informasi tentang pengertian, kelebihan serta kekurangannya masing masing.

Jenis - Jenis E-mail

Jenis Jenis E-mail

A. POP MAIL

Pengertian
POP MAIL adalah email yang hampir sama dengan e-mail yang kita terima dari ISP (bagi yang memiliki koneksi internet di rumah atau kantor) atau e-mail yang diterima melalui Service Provider yang menjadi langganan kita

Kelebihan
- Bisa dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlook Express. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.

Kekurangan
- Tidak bisa mengecek email di sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang.
- Biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

B. Web Based E-mail

Pengertian
Web Based E-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud contohnya seperti (GMAIL, YAHOO, HOTMAIL). Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut. E-mail jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

Kelebihan
- Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja sepanjang dapat terkoneksi dengan internet, karena beroperasi di situs web
- Tidak memerlukan mail client.

Kekurangan
- Untuk mengecek email anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak terasa. Tapi bagi anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).
- Akun email dapat hilang, jika terjadi masalah server
- Email sulit disimpan/diarsipkan, karena tersimpan di server layanan e-mail

EMAIL FORWARDING

Pengertian
Email Forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang di terimanya ke alamat e-mail yang lain. Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.

Kelebihan
- Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika anda sering gonta-ganti email). Yang anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

Kekurangan
- Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

Terimakasih telah membaca artikel tentang informasi yang berjudul Jenis - Jenis E-mail, sebenarnya postingan ini adalah tugas dari guru, tetapi dari postignan ini banyak pengunjung yang datang. Ya sudah saya tidak menghapusnya. Semoga bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan, silahkan poskan komentar

8 comments for "Jenis - Jenis E-mail"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan benar, dilarang SPAM!
Tata Tertib Berkomentar